Laporan Kegiatan Pelaksanaan Akademik dan Non Akademik SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya pada semester gasal 2007-2008, dan Rencana Program Semester Genap 2007-2008.

Senin, 31 Desember 2007


Laporan Pelaksanaan
Program Semester Gasal 2007-2008 &
Rencana Program Semester Genap 2007-2008
Bidang Kurikulum SMA Al Muttaqin
“Fullday School and Moving Class System”
Kota Tasikmalaya


Asssalamu’alaikum Wr. Wb.
Seiring perjalanan waktu, alhamdulillah tak terasa perjalanan pendidikan semester gasal sudah berakhir. Banyak warna dan dinamika pendidikan terlalui.
Oleh karena itu sebagai wujud amanah dan komitmen mutu pendidikan, kami sampaikan laporan pelaksanaan kegiatan pendidikan semester gasal 2007 sekaligus proyeksi program semester genap 2008 yang menjadi orientasi kerja bidang kurikulum.
Bidang kurikulum sebagai salah satu roda penyelenggara pendidikan di SMA Al Muttaqin, memiliki peran strategis sebagai kunci keberhasilan akademik dan layanan jasa pendidikan SMA Al Muttaqin.
Untuk mengetahui dan mewujudkan cita visi SMA Al Muttaqin dalam bidang akademik, maka kami sampaikan laporan dengan sistematika sebagai berikut:
I. PENDAHULUAN
II. PROGRAM KERJA DAN REALISASI PROGRAM KERJA
III. RENCANA PROGRAM KERJA SEMESETER GENAP 2007-2008
IV. PENUTUP

I. PENDAHULUAN
Sebagaimana telah kami sampaikan, bahwa SMA Al Muttaqin memiliki visi Menjadi SMA Unggul dan Terdepan di Priangan Timur dalam prestasi akademik dan nonakademik, bahasa asing, dan dalam keimanan dan ketakwaan sehingga dapat diterima di perguruaan tinggi unggulan dan hidup bermasyarakat dengan akhlaq yang mulia.
Dengan visi tersebut, telah dirumuskan out come yang diharapkan yakni:
a. Nilai prestasi kompetensi harian minimal sesuai ketuntasan SKBM (Ketuntasan Belajar Minimal) dengan rerata di atas rata-rata SKBM SMA Kota Tasikmalaya
b. Nilai prestasi ulangan blok minimal sesuai ketuntasan SKBM
c. Nilai prestasi raport melampaui ketuntasan rata-rata SKBM SMA Kota Tasikmalaya.
d. Nilai prestasi Ujian nasional minimal sesuai nilai standar kelulusan SMA ditetapkan dengan rerata di atas nilai UN Kota Tasikmalaya.
e. Nilai prestasi Masuk PTN minimal sesuai syarat masuk PMDK, jalur prestasi dan SPMB
f. Nilai prestasi keterampilan berbicara bahasa asing (Inggris dan Arab) terukur dari komunikasidan percakapan sehari-hari.
g. Nilai prestasi TOEFL minimal 450 dan IELTS minimal 6 pada setiap elemen.
h. Nilai prestasi pembiasaan, karakter dan kepribadian muslim terukur dengan tingkat man, ilmu dan amaliyah yang selaras sebagai muslim sholeh mujahid dakwah (minimal menjadi suri teladan).
i. Nilai prestasi self development /pengembangan diri (general lifeskill, academic lifeskill, vocational lifeskill) terukur dengan kemampuan siswa dalam ekskul, kegiatan OSIS dan pengelolaan EO yang kompeten.
j. Nilai prestasi teknologi informasi terukur dengan kemampuan menguasai secara terampil dasar-dasar IT meliputi programer, design grafis statis dan dinamis, dan webdesign.

Untuk mewujudkan out come tersebut, proses pendidikan telah dirancang sedemikian rupa sejak kelas 10 hingga kelas 12 sebagaimana terimplementasikan dalam program kerja bidang kurikulum.


III. PROGRAM KERJA DAN REALISASI Program Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2007-2008
Program kerja wakasek kurikulum berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum yang sudah ditetapkan oleh SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Program kerja tersebut telah ditetapkan perencanaannya ketika tahun ajaran 2007-2008 dimulai. Dalam pelaksanaannya, alhamdulilah tidak ditemukan hambatan yang begitu menyulitkan. Berkat rahmat dan pertolongan Allah SWT, program tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Realisasi program-program tersebut antara lain:
1. Penyusunan rencana program wakasek kurikulum: Pertengahan Juli 2007.
2. Penyusunan jadwal pembelajaran : Pertengahan Juli 2007.
3. Sosialisasi pembuatan administrasi pembelajaran kepada setiap guru: Awal Agustus 2007.
4. Pelaksanaan bimbingan belajar khusus bagi kelas XII sebanyak lima hari dalam
seminggu, dengan tenaga pengajar dari SMA Al-Muttaqin dan dari luar SMA Al- Muttaqin.
5. Pelaksanaan try-out sebanyak dua kali selama semester ganjil.
6. Pelaksanaan out-door ke kawasan Pinus Ciamis: Akhir Agustus 2007.
7. Pembentukan panitia kegiatan ramadhan 1428 H: 3 September 2007.
8. Penyusunan perubahan jadwal pelajaran selama ramadhan, mulai pukul 08.00 – 2.00 WIB : 5 September 2007.
9. Kegiatan ramadhan 1428 H: 17 s.d. 30 September 2007.
10. Penutupan kegiatan ramadhan 1428 H: 30 September 2007.
11. Pengiriman Peserta Kemah Astronomi antar SMA se-Jawa Barat di Sumedang: Pertengahan Akhir Oktober 2007.
12. Pelatihan Karyawan dan Guru se-Tasikmalaya di SMKN 2 Tasikmalaya dalam program Jardiknas: September – Oktober 2007.
13. Persiapan Ujian Nasional 2008 dengan penyerahan daftar US 1 untuk UN 2008 ke Diknas Kota Tasikmalaya: Awal Nopember 2007.
14. Peluncuran Komunitas Blog Pelajar dan Guru SMA Al-Muttaqin: Pertengahan Nopember 2007.
15. Sosialisasi Trik-trik pengerjaan soal-soal UN 2008 dari Alumni Universitas Gadjah Mada: Akhir Nopember 2007.
16. Penunjukkan dari Yayasan Al-Muttaqin untuk merintis berdirinya Pesantren Al-Muttaqin dengan Cikal Bakal Siswa-Siswi SMP-SMA Al-Muttaqin yang Berasrama, sekaligus penyusunan program kegiatan dan kurikulumnya: Akhir Oktober 2007.
17. Pembentukan Panitia Ulangan Umum Semester Ganjil 2007-2008 : 12 Nopember 2007.
18. Pembagian Raport Bulanan sebanyak dua kali: September dan Nopember 2007.
19. Pengiriman Peserta Pelatihan Pembuatan Blog Telkom Tasikmalaya: Akhir
Nopember 2007
20. Pelaksanaan Ulangan Umum Semester Ganjil 2007-2008: 3 – 19 Desember 2007.
21. Pembagian Raport Semester Ganjil 2007-2008: 29 Desember 2007.

III Rencana Program Semester Genap Tahun Pelajaran 2007-2008
Rencana program wakasek kurikulum untuk semester genap tahun pelajaran 2007-
2008, sejak bulan Januari sampai bulan Juni 2008 adalah:
1. Pembuatan jadwal pembelajaran semester genap: Awal Januari 2008.
2. Pembentukan Tim Pokja Ujian Nasional: Awal Pebruari 2008.
3. Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah: April – Mei 2008.
4. Bimbingan Belajar Khusus Kelas XII: Januari – Mei 2008.
5. Pelaksanaan Try-Out: Januari – Mei 2008.
6. Pra-UAN-UAS 2008: April - Mei
7. Pelaksanaan Out-Door: Maret 2008.
8. Penjurusan bagi kelas X: Mei 2008.
9. Pembagian Raport Bulanan: Pebruari, April, dan Mei 2008.
10. Pembinaan Peserta Olimpiade Sains 2008: Januari – Juni 2008.
11. Kunjungan sejumlah perguruan tinggi ke SMA Al-Muttaqin dalam rangka
Sosialisasi Perguruan Tinggi dan SPMB.
12. Pemilihan siswa peserta PMDK ke sejumlah perguruan tinggi favorit.
13. Pembentukan Tim Pokja Ulum Semester Genap: Mei 2008.
14. Pelaksanaan Ulangan Umum Semester Genap: Mei – Juni 2008.
15. Wisuda Lulusan Ketiga SMA Al-Muttaqin: Juni 2008
16. Pembagian Raport/Kenaikan Kelas: Akhir Juni 2008.
17. Persiapan Tim Olimpiade Sains 2008

VII. PENUTUP
Demikian laporan penyelenggaraan bidang kurikulum ini dibuat dengan harapan dapat menjadi sarana evaluasi guna penyelenggaraan program kurikulum yang lebih baik. Sehingga cita visi SMA Al Muttaqin sebagai sekolah unggul dan terdepan dapat terwujud. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam segala gerak langkah kita menuju ridho Nya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tasikmalaya, 29 Desember 2007
Wakasek Kurikulum,




Ilam Maolani, M.Pd.

1 komentar:

desolma mengatakan...

saya wali murid sma al-muttaqin, setelah membaca programs sma al-muttaqin saya optimis bahwa para siswa sma al-muttaqin nantinya bisa menjadi org yang berguna bagi bangsa ini dan mudah u/masuk ke PTN favorit yang diinginkan. Kalahkan sma lain di priangan timur ini amin.