Laporan Kegiatan Pelaksanaan Akademik dan Non Akademik SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya pada semester gasal 2007-2008, dan Rencana Program Semester Genap 2007-2008.

Senin, 31 Desember 2007


Laporan Pelaksanaan Kinerja
Bidang Humas SMA Al Muttaqin
“Fullday School and Moving Class System”
Kota Tasikmalaya
Semester Gasal 2007-2008



Asssalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Salawat dan salam semoga tetap tercurahlimpahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad S.A.W dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat, taufiq, dan hidayahNya kepada kita dalam menjalankan amanah sehari-hari.

Pada kesempatan ini, sebagai wujud komitmen penyelenggaraan pendidikan berkualitas, ijinkanlah kami menyampaikan laporan pelaksanaan program humas yang disusun dengan sistematika sebagai berikut:
I. PENDAHULUAN
II. PROGRAM KERJA
III. REALISASI PROGRAM KERJA
IV. EVALUASI PROGRAM KERJA
V. RENCANA PROGRAM KERJA SEMESETER GENAP 2007-2008
VI. PENUTUP

I. PENDAHULUAN
Dalam rangka menata kehumasan sebagai pintu gerbang informasi dan kerjasama SMA Al Muttaqin dengan pihak berkepentingan sehingga dapat melahirkan produk sesuai output dan out come yang diharapkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa, meningkatkan Pendapatan, Meninggkatkan keuntungan, memperpanjang usia (life cycle) lembaga, pelestarian SMA Unggul dan terdepan di Priangan Timur, maka perlu dibuat manajemen dan program kehumasan yang dapat mengkapitalisasi aset dan memenangkan market share, mind share and heart share.

II. PROGRAM KERJA
Program kerja yang dilaksanakan adalah:
1. Optimalisasi Informasi dan Komunikasi internal seperti Penanganan customer complaint atau customer handling process terhadap siswa dan orang tua untuk di follow up
2. Optimalisasi Informasi dan Komunikasi eksternal
3. Pengembangan teknologi informasi pembuatan situs SMA Al Muttaqin.
4. Pengembangan kerjasama dengan perguruan tinggi

III. REALISASI PROGRAM KERJA
1. Optimalisasi informasi dan komunikasi internal telah dilakukan antaranya melalui program:
a. Pembagian rapor bulanan
b. Optimalisasi peran komite sekolah
c. Perumusan bulletin internal SMA Al Muttaqin
2. Optimalisasi informasi dan komunikasi eksternal telah dilakukan antaranya melalui program:
a. Press release kegiatan di sejumlah media masa
b. Bekerjasama dengan bidang terkait mengkomunikasikan SMA Al Mutttaqin melalui sejumlah kegiatan.
c. Pembuatan Blog SMA Al Muttaqin dengan alamat, http://samaalmuttaqin.blogspot.com, sebagai jembatan informasi komunikasi dunia cyber.
3. Pengembangan teknologi informasi
a. Melakukan penataan ulang situs web SMA Al Muttaqin.
b. Pembentukan Komunitas Blog Pendidikan, siswa dan Guru SMA Al Muttaqin.
c. Pejajakan program MICA untuk akses nilai, tagihan SPP, dan komunikasi interaktif orang tua dengan sekolah.
d. Pengembangan e-learning
e. Pengembangan jardiknas SMA Al Muttaqin
4. Pengembangan jaringan kerjasama
- Pengembangan kerjasama dengan jurusan Astronomi FMIPA ITB, menjadikan SMA Al Muttaqin sebagai salah satu sekolah yang konsen terhadap sains dan teknologi, khususnya astronomi.
- Meningkatkan kualitas kerjasama jaringan PMDK/UM/USM dengan sejumlah PTN
a. UNY YOGYAKARTA
b. UNS SOLO
c. UGM YOGYAKARTA
d. Unsoed PURWOKERTO
e. UNDIP SEMARANG
f. UNIVERSITAS INDONESIA
g. UNIVERSITA PADJADJARAN
h. INSTITUT PERTANIAN BOGOR
i. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
- Penjajakan kerjasama bantuan dengan Bank Indonesia


V. RENCANA PROGRAM KERJA
Pada semester genap, bidang Humas telah menetapkan sejumlah program:
1. Launching Web Site SMA Al Muttaqin
2. Optimalisasi komunikasi internal dan eksternal
3. Studi banding dengan sekolah islam unggulan
4. Penjajakan tukar menukar pelajar
5. Follow up PMDK ke sejumlah PTN
6. Pembuatan buletin komunikasi internal
7. Optimalisasi Blog sekolah dan guru

VII. PENUTUP
Demikian laporan penyelenggaraan bidang humas ini kami buat dengan harapan dapat menjadi sarana evaluasi guna penyelenggaraan program humas semester genap lebih bagus dan maksimal.

Kami menyadari, peran Humas begitu teramat penting bagi sebuah sekolah yang muda usia seperti SMA Al Muttaqin.

Humas SMA Al Muttaqin dengan ditopang bidang kerja lainnya, tetap berkomitmen pada:

a. Penyelenggaraan pendidikan yang mementingkan service, proses dan hasil untuk kepuasan pelanggan. (content)
b. Penyelenggraan pendidikan yang dapat merebut hati calon pelanggan sehingga meningkatkan pangsa pasar (context)
c. Penyelenggaran pendidikan yang melakukan perbaikan secara berkesinambungan (menambah kapasitas)

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam segala gerak langkah kita menuju ridho Nya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tasikmalaya, 29 Desember 2007
Wakasek Humas
SMA Al Muttaqin Tasikmalaya,





Aep. Saepuloh, S.Pd.

Tidak ada komentar: